-->

Es Sarang Walet Melon Nata de Coco

Resep Dapur Resepi - Tahukah Ibu Nata de coco itu berasal darimana. Nata de Coco pertama kali dibuat di Filifina. Nata de coco sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang artinya krim Kelapa, mengapa bahasa Spanyol karena Filifina dahulunya adalah koloni dari Spanyol.
Nata de coco terbuat dari fermentasi air kelapa. Bakteri yang digunakan dalam proses fermentasinya adalah Acetobacter Xylinum. Dalam prosesnya, bakteri ini akan membentuk serat nata jika ditumbuhkan di dala air kelapa yang telah diperkaya dengan karbon dan nitrogen melalui proses yang terkontrol. Dalam kondisi ini bakteri akan menghasilkan enzim yang dapat menyusun zat gula menjadi ribuan rantai serat atau selulosa. Kemudian akan tumbuh jutaan renik dalam air kelapa yang akan menghasilkan jutaan lembar benang-benang selulosa, sehingga nantinya akan nampak padat bewarna putih transparan yang sekarang kita kenal dengan nata.

Sedikit mengenai asal usul Nata de coco. Sekarang kita kembali ke resep. Ibu kali ini kita akan mempelajari cara membuat Es Sarang Walet Melon Nata de Coco. Dari judulnya saja kita sudah terbayang apa-apa saja yang menjadi bahannya, dan tentunya kita juga telah membayangkan bagaimana kesegarannya. Pasti anak-anak akan menyukainya, tidak terkecuali ayahnya.




Baiklah Ibu langsung saja kita menuju cara pembuatannya.


Bahan-Bahan

  • 1 bungkus agar-agar powder warna putih, dimasak dengan air sebanyak 3 gelas belimbing (tanpa gula), masak hingga mendidih, dinginkan agar -agar sampai beku, setelah beku parut agar-agar menggunakan parutan keju.
  • 1 sendok makan biji selasih, rendam dengan  setengah gelas air dingin hingga mekar.
  • 1 bungkus besar nata de coco,
  • 500 gram buah melon
  • Sirup melon secukupnya (manisnya sesuaikan dengan selera)
  • 1 liter air
  • Es batu secukupnya
 

Cara Membuat

  1. Campurkan semua bahan-bahan ke dalam satu wadah. 
  2. Tambahkan sirup melon sedikit demi sedikit, jangan langsung banyak. Karena apabila terlalu manis, akan timbul rasa enek ketika meminumnya.
  3. Siapkan mangkok atau gelas saji yang tahan dingin
Demikianlah Ibu Resep Sarang Walet Melon Nata de Coco kita kali ini, tidak sulit bukan? Ibu bisa mengkreasikan sendiri ide-ide Ibu. Janga takut mencoba, gunaka porsi sedikit saja ketika mencoba resep baru. Ikuti terus Resep Dapur Resepi dan dapatkan resep-resep lainnya. Terimakasih

Baca : Resep Kue Kering Nastar Lemon
           Resep Pizza Sederhana Rasa Mewah
           Resep Pindang Tulang Khas Palembang

    Share this with short URL:

    You Might Also Like:

    Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
    Show Parser Hide Parser