-->

Sambal Calok (Terasi) Khas Palembang

Resep Dapur Resepi - Nasi hangat dipadukan dengan sambal pedas dan segar memang kombinasi yang sangat pas, apalagi ditambah dengan lalap lalapan. Sambal terasi atau sambal calok salah satu sambal matah yang patut untuk dicoba. 

Ketika kita membuat sebuah masakan tentu kombinasi resep sangat mempengaruhi rasa. Begitu juga dengan membuat sambal. Sambal terlihat sederhana namun sedikit bahannya berbeda citarasanya pun ikut berbeda. Terbukti dengan sambal terasi ini. 

Diberbagai resep yang pernah dijumpai, ada sedikit perbedaan dalam kombinasi bahan dengan resep yang akan RDR sajikan berikut ini. Berarti apakah resep tersebut salah dan resep ini benar? Tentu saja tidak, tetapi RDR coba menawarkan sebuah sambal dengan citarasa yang berbeda, dengan kombinasi hidangan dan suasana yang cocok.

Pada resep sambal calok atau sambal terasi lain, kebanyakan mereka menggunakan bawang. Tetapi resep ini tidak menggunakannya, dengan demikian akan tercipta sambal lebih segar.

Dan untuk kombinasi hidangan yang cocok, RDR rekomendasikan untuk dihidangkan bersama Nasi hangat, ikan asin, lalap lalapan (contoh: daun singkong rebus, dll) atau bisa juga dihidangkan bersama sayur asem ataupun pindang.

Membuat Sambal terasi sangat sederhana, dan juga tidak pake mahal. Tidak lebih dari 5000 rupiah anda sudah bisa membuatnya, bahkan mungkin hanya setengahnya saja, anda bisa perkirakan saja harganya dari bahan-bahan yang RDR tuliskan di bawah ini.
Dan sebagai syarat untuk membuat sambal ini harus menggunakan ulekan atau cobek batu, dan tidak menggunakan blender. Lalu apa masalahnya? Menurut RDR citarasa yang dihasilkan cukup berbeda, terlihat dari tekstur yang dihasilkan pun berbeda, penasaran sebaiknya Anda membuat dengan kedua cara tersebut dan rasakan sendiri bedanya. Tetapi jika anda lebih menyukai yang dibuat dengan blender, anda tidak salah karena selera tiap orang berbeda.

Baiklah daripada penasaran langsung saja kita cari tahu bagaimana cara membuatnya.

Cara Membuat Sambal Calok (Terasi) Khas Palembang

Bahan-bahan

  • 15 buah cabe rawit
  • 5 buah cabe merah
  • 1 bungkus terasi kemasan (dipanggang)
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • 1 sdt garam kasar 
  • 1 sdm gula pasir

Cara membuat

  • Siapkan cobek batu atau ulekan
  • letakkan semua bahan di atas cobek batu
  • Untuk memudahkan mengulek, potong menjadi dua tomat dan ulek setengah terlebih dulu atau bisa juga langsung semuanya atau diulek belakangan terserah tidak akan berpengaruh pada rasanya
  • Ulek sampai halus dan tercampur rata
  • Cicipi jika kurang pas cukup tambahkan gula atau garam, tidak perlu menggunakan penyedap rasa, kemudian ulek lagi hingga rata
  • Sambal siap disajikan
  • Untuk lebih jelasnya anda bisa menonton video yang telah RDR siapkan berikut ini


Demikianlah tidak terlalu sulit membuatnya dan RDR memang tidak sulit. Anda bisa mencobanya sendiri dirumah dan juga anda bisa mendownload resep ini dalam bentuk PDF pada tombol download yang telah RDR siapkan di bawah ini atau Anda bisa masuk ke halaman Download Resep. Terimakasih.

Download Resep [Google Drive]

Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser